Friday, May 2, 2008

SHENG FO / OLIMPIADE BEIJING 2008


Hari ini tepat tanggal 2 Mei 2008, hari yang di tunggu2 oleh banyak orang di sini (HK) karena hari ini merupakan hari yang bersejarah, kenapa??

karena hari ini Api Obor Olimpiade Beijing 2008 akan sampai di Hongkong, banyak orang bersuka cita menyambutnya, mulai dari para pejabat, artis, atlit sampai pada semua golongan.


Di berbagai tempat, seperti di Chek lap kok Airport, Star Fery, Kowloon kungyun, Central, Olimpic City 2, Sha tin Race cource telah di sulap dan di bangun menjadi sebuah panggung podium yang sangat megah. Wuih...bener2 luar biasa.

Api obor pertama kali tiba di HK pagi hari dan dari dalam pesawat terbang yang membawa api obor itu menuju HK, keluar wakil dari Beijing yang datang dan menyerahkannya kepada Chang Yam Gun (orang no 1 di HK), penyambutan dengan karpet merah oi..... dan acara serah terima api obor di saksikan oleh berbagai kalangan, setelah di serahkan kepada Chang Yam Gun kemudian api obor segera di serahkan kepada Lei Lai San (pembawa api obor pertama).

Setelah acara penyambutan maka acara segera di mulai, Pertama2 Api obor di bawa ke daerah Kowloon yang meliputi beberapa titik2 central negara HK, antara lain Tsim Tsa Tsoi dan pembawa api obor nomor dua adalah Lei Ching, dari sanalah api obor di bawa lari berkeliling oleh para atlit bahkan para artis yang telah di pilih oleh negara, antara lain ada Andy Lau dengan nomor dada 3.

Seluruh jalan2 protokol di HK sejak pagi dini hari sudah di tertibkan dan di di glady bersih oleh para petugas n polisi, semua ruas jalan telah di blokir. dan lihatlah di sisi kiri dan kanan jalan pemandangan yang sungguh2 menarik perhatian karena pagar betis yang berdiri di kiri kanan jalan tiada putus2nya dan berlapis2 bo....... mereka saling meneriakkan yel yel dan memberikan dukungannya atas di selenggarakannya Olimpiade Beijing 2008. Fantastic.......

Dari tangan Andy Lau kemudian api obor di berikan kepada pembawa api obor nomor 4 yaitu Alex, kalian tentu sudah tau dia kan?? dia adalah artis HK yang ehem2. hehe..... kemudian di berikan lagi kepada Kelly dan Nicky Wu, (mereka adalah para artis2 Hk yang sudah sangat2 popular n satu lagi mereka yang di pilih adalah artis2 yang tidak banyak neko2 lah, hehe..) sedangkan Nicholas Tse dan Twins yang tadinya juga akan menjadi salah satu pembawa api obor akhirnya di batalkan karena Istri dari pada Nic (Cecilia) tersangkut dengan kasus Edison, begitupula dengan Twins.

Acara terus saja berlangsung dan kali ini meliputi rute di CHENG MA TA GIU (JEMBATAN TERPANJANG YG ADA DI DEKAT BANDARA CHEK LAP KOK) menuju ke TSING YI, para pembawa api obor yang merupakan para atlit antara lain : Lai Kai Ming, To Yiu Hong, Chai Chi Ho, Yiu Heng Long,Chan Heng Ho ( altit lam gao),Yiu Chun Gam, Chan So Yip,Wong Ming Fai, Ciu Chong Hei .. dia merupakan atlit paling termuda n baru berusia 14 tahun dan di tangan dialah api obor sampai di Tsing yi di sambut dengan acara barongsai yang sungguh2 sangat meriah, dan dari Tsing Yi api obor di masukan ke dalam kotak khusus untuk di bawa selanjutnya menuju ke Kwai Chung, ke Tsuen Wan dan kemudian menuju ke Sha tin dengan naik boat.


Sesampainya di Sha tin cung sam ( sha tin central) kmdn api obor segera di bawa lari oleh Chan Chi Wan, Wong Fai, Mak So Leng, Lei Cap Koi, Fu Ju Sek, Ho Sho Dheng, Chan Kwong Yu, Chong Kwok Kwan, Cham Yong Toi, Chan Kwong Ming, di bawa berputar dasri Sha tin menuju ke Wo Che di lajutkan ke Siu Lek Yuen, dan berputar menuju ke Sha tin Yao Lok Jong (Sha tin Race Cource ?HK Jockey Club).

Semua jalan2 di penuhi dan di sesaki oleh manusia n para kuli tinta dalam dan luar negeri tentu sudah di urutan pertama untuk memuat berita yang sedang heboh2nya, para wartawan dengan menggunakan mobil box berdiri berjejal2 di dalamnya yang berjalan tepat di depan pembawa api obor dan mereka menshoot live dan di siarkan lewat stasiun televisi masing2. Dan begitu tau kalo api obor ada deket dengan rumah losaiku, sekitar 10 menit dengan berjalan kaki maka dengan secepat kilat aku langsung membawa liongko mui2 ke tempat dia biasanya mereka ngerjain pr (Advance) dan dengan kecepatan kilatpun aku langsung saja menuju ke Sha tin yao lok jong, tetapi sialnya......di sana ribuan manusia sudah berjubel dan tidak memberi 1 kesempatan padaku untuk melihat, mau tau kenapa?? karena pagar betisnya yang di sini lebih banyak dari pada yang di kowloon sana, bagaimana aku bisa melihatnya???? hik hik....


Aku hanya bisa meloncat2 dari belakang sambil kepalaku timbul tenggelam di antara ribuan manusia2, duh bener2 kacian yach...... hehe....

Setelah itu perjalanan kembali di lanjutkan kembali dan sekarang menuju ke daerah hongkong sana yaitu meliputi : Central , Olympian City, dan nantinya akan berakhir di halaman Wan Chai Exibition Centre. Di bergagai tempat antara lain Star Fery, Central, Sha Tin, Olympic, di bangun panggung2 yang sangat megah dan spectakuler, dan di tempat2 itu pula api obor berhenti sebentar untuk istirahat dan di panggung2 itu di adakan berbagai acara baik itu dari bernyai, atraksi dll.


Acara berakhir di depan gedung WanChai Exibition Centre yang merupakan puncak acaranya, dan di sana sudah di bangun panggung yang lebih megah dari tempat2 lainnya, dan para pembawa api obor berkumpul di sini dan acara di mulai oleh sambutan dari pemerintah hk dan jg wakil dari Beijing, sambutan2 senada jg di berikan oleh para atlit dan jg yang lainnya dan di akhir acara para artis unjuk kebolehan menyanyi, ada Kelly, Alex, Nicky Wu , n Andy Lau. aku lihat Andy Lau di sana duduk berbaur dengan para pembawa api obor dan juga para penonton, bener2 low profil sekali, dan di ujung sana ku lihat juga beberapa artis lainnya yang sedang bercanda n tertawa dengan beberapa teman2nya.

Sekitar pukul 18.30 waktu HK acaranya berakhir dan semua orang kembali ke rumah masing2 dengan hati riang gembira tentunya, dan sekali lagi ku ucap :


SELAMAT ATAS DI ADAKANNYA OLIMPIADE BEIJING 2008


SELAMAT BERTANDING BAGI PARA PESERTA


AND.....


SELAMAT BAGI SANG JUARA !!!!

No comments: